Jumat, 26 Maret 2010

.nulis.

Howaaaa..saya kangen nulis..

Berkali-kali saya bilang ini ke diri saya sendiri, ke teman-teman, dan tentunya si pacar..hee..
Tapi adakah usaha saya untuk menulis kembali--hmm..ada sih kemarin sempet mulai mau nulis novel (baru) lagi, tapi kemudian mandeg grak--jadi bisa dikatakan usaha saya agak-agak gagal total. Padahal kalau dipikir-pikir sebelum saya bekerja, ada aja ide yang bisa saya kembangkan jadi tulisan, minimal cerpen lah, kalau lagi males nambahin novel..Saya gak nyalahin kerjaan juga siy, lha wong kadang di kantor saya juga nganggur-nganggur..hee..piss..Tapi ya gitu nge-blank aja setiap buka halaman word putih kosong, banyak penulis bilang itu writer's block, tapi buat saya perasaan yang saya alami ini lebih dari itu, seakan setiap kali saya nulis pasti ada bisikan2 yang bikin saya batal ngelanjutin tulisan saya..*doh..

Saya jadi pengen nostalgia nih, gimana ceritanya saya bisa tertarik sama dunia tulis menulis ini..sebenarnya semua berasal dari novel Eiffel I'm in Love-nya mbak Rachmania Arunita..waktu itu kan saya masih kelas 3 smp dan jaman itu lagi musim2nya penulis indonesia nulis teenlit, tapi yang paling ngetop ya memang mbak Nia itu..dan saya pun mencoba iseng-iseng menulis, tulisan pertama saya bentuknya cerpen isinya agak sedikit curhat colongan sih--maklum pemula, dan saya suruh semua teman-teman saya untuk baca cerpen saya..rata-rata bilang bagus dan senang karena beberapa kisah mereka juga saya catut buat bumbu-bumbu di cerpen itu, bahkan ada yang minta kisahnya ikut dibikinkan cerpen tersendiri..padahal kalau saya baca ulang cerpen itu sekarang..ceritanya amburadul..plotnya gak jelas..endingnya gantung, tapi gak enak..hahaha..
oh teman-temanku kalian baik sekali memujiku dulu..hahaha..

benernya kalau bisa dibilang ada satu teman saya, yang bisa dibilang gara2 ikut2an dia, saya pengen jadi penulis, teman smp saya yang sekarang lagi kuliah di kedokteran..hahaha..hoyo siapa?..dia yang pertama kali bawa buku yang diisi cerpen2 yang ia tulis dan saya ikut baca dan ngasih komentar..eh tapi belakangan dia malah gak lanjut nulis, dan saya yang menggebu2 pengen jadi penulis..segala upaya saya kerahkan waktu itu untuk bisa jadi penulis..
waktu sma, saya mulai nulis lebih serius..haha..serius dalam arti plot mulai diatur, penggunaan padanan kata mulai diperhatikan..bahkan nyoba-nyoba nulis novel di kala suntuk di kelas pun saya lakukan..berbekal kertas binder dan pensil, saya bawa draft novel itu kemana-mana..saya tunjukkan ke teman-teman untuk dibaca dan diberi masukan..dan setiap hari mereka menagih kelanjutan cerita saya..bisa dibilang masa sma adalah masa terproduktif dalam membuat cerpen dan menulis novel..hahaha..

Apalagi saat sma saya akktif dalam milis milik Sitta Karina, penulis favorit saya..di situ saya bisa berbagi tulisan dengan teman-teman milis dan menambah teman di dunia maya, walaupun kadang saya iri setengah mati, ketika mereka bikin gathering milis yang pastinya menghadirkan Sitta Karina sebagai bintang utamanya..saya selalu ikuti kuis-kuis untuk mendapatkan tanda tangan aslinya di novel2nya, tapi saya kurang beruntung..jadi sampai sekarang pun saya masih belum punya tanda tangan aslinya..sayangnya sekarang milisnya tidak terlalu aktif, bahkan bisa dibilang sepi..alhamdulillahnya masih bisa berkumpul di dunia maya via twitter :)

Kembali di jaman sma, ada satu masa saat saya kelas 3 sma, saat2 mendekati ujian akhir, dimana saya harus colong2 nulis karena kalau ketahuan mama saya habis dimarahi..dan ada sebuah kejadian yang selalu membekas di otak saya..saat itu sudah tinggal beberapa hari menjelang ujian akhir, dan saat itu saya penat sekali, cara untuk menghilangkan kepenatan itu adalah dengan menulis,,dengan cara colong2 saya hidupkan laptop..tapi ternyata ketahuan oleh mama..draft novel yang saya sebutkan di atas nyaris menjadi serpihan-serpihan kecil yang siap dirobek oleh mama, saya ingat benar bagaimana saya memohon dan menangis supaya kertas itu tidak disobek..dalam pikiran saya, itu masa depan saya, itu adalah awal masa depan saya..

Dan di masa awal kuliah, sebuah kesempatan mampir ke saya..akhirnya dua cerpen saya dimuat di majalah cerita kita..majalah khusus cerpen..yang sayangnya entah kenapa majalah itu tahu2 menghilang tanpa kabar..waktu itu honor untuk satu kali muat cerpen 400ribu rupiah, jumlah yang cukup besar buat seorang anak kuliah yang pertama kali cerpennya dimuat di majalah dan bisa menghasilkan uang dari sekedar nulis cerpen..keinginan saya untuk menulis pun semakin menguat..

Namun seiring berjalannya waktu perlahan tapi pasti rasa malas mulai menggerogoti impian saya, saya jadi malas menulis karena harus memikirkan skripsi dan masa depan yang sebenarnya (baca: kerja kantoran)..saat itu saya malah banyak--err..cuma dua sih--nulis karya tulis yang mungkin dulu saya gak pernah saya bayangkan sebelumnya..tapi ide-ide terus bermunculan di otak saya..selesai kuliah saya pikir saya akan punya waktu lebih banyak untuk menyelesaikan novel yang sudah saya tinggalkan agak lama..tapi nyatanya--alhamdulillah--saya langsung diterima kerja..kembali rasa malas itu perlahan menggerogoti semangat saya yang tadinya sudah mulai muncul..

Dan sekarang saya menulis ini semua karena kekangenan itu tak tertahankan lagi..mau tidak mau saya harus belajar menulis kembali, salah satu caranya adalah dengan mulai menulis di blog ini lagi..meramaikan dunia blog lagi..hee..

Kadang saya iri sama si pacar yang bisa terus melakukan hobinya tanpa bingung ini itu, kebetulan si pacar hobi fotografi, jadi ketika pengen moto ya moto aja..hee..benernya saya juga bisa sih, kalau pengen nulis ya nulis aja, tapi--tuh kan saya aja banyak nulis tapi, tapi, tapi..itu penghalangnya..okelah saya tidak akan pakai kata tapi lagi..dimanapun, kapanpun, saya akan nulis lagi..apapun itu.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar